Selain Unit Gawat Darurat, Rawat Jalan dan Rawat Inap, di Rumah Sakit Umum Daerah OKU Timur juga dilengkapi dengan beberapa instalasi penunjang, diantaranya :

  • Instalasi Bedah Sentral (Kamar Operasi)

Instalasi ini buka 24 jam dengan dukungan tenaga medis, tenaga perawat dan tenaga administrasi yang profesional sesuai bidangnya. Pelayanan meliputi kegiatan operasi yang direncanakan (elektif) atau darurat (emergency) dengan berbagai jenis kasus yakni kasus Bedah Umum, Kebidanan dan Kandungan, Mata dengan kategori operasi kecil, sedang, besar dan besar khusus.

  • Laboratorium

Laboratorium merupakan salah satu faktor pendukung penegak diagnosis dengan melayani berbagai macam pemeriksaan,  yaitu :

  1. Hematologi, Haemoglobin (Hb), Leukosit Laju Endap Darah (LED), Hitung jenis leukosit (Diff Count), Erytrosit, Trombosit, Waktu perdarahan (Blooding Time), Waktu pembekuan (Cloting Time), Golongan darah dan Rhesus Factor, Rumple Leed
  2. Kimia Klinik, Darah yang mencakup Bilirubin Total, Bilirubin direct, SGOT, SGPT, Gula darah (BSS,BSN,BSPP), Gamma-Glutamyltranferase (G-GT), Ureum, Creatinin, Uric acid, Colesterol total, Colesterol HDL, Trygliserides, Protein total, Albumin, Urine yang mencakup Protein, Reduksi, Urobilin, Bilirubin, PH Urine, BJ Urine, Redimen.
  3. Mikrobiologi diantaranya Direct Preparat : Malaria, BTA (tebal dan tipis), Faeses rutin, Telur cacing
  4. Toksikologi (screening test narkoba/rapid test) meliputi pemeriksaan Morphin, Amphetamine, Thc (tetra hidro canabinol), Coccain, Benzodiazepine.
  • Instalasi UTDRS (Unit Transfusi Darah Rumah Sakit)

Unit transfusi darah rumah sakit melayani pemeriksaan transfusi dan penggalangan donor darah sukarela dimana darah yang didistribusikan kepada resepien (pasien) sebelum didonorkan terlebih dahulu dilakukan screening terhadap darah pendonor seperti pemeriksaan hemoglobin, golongan darah tekanan darah, pemeriksaan darah, pemeriksaan hepatitis B, hepatitis C, Sifilis, HIV dan pemeriksaan crossmatching. Penyimpanan darah darah dalam suhu 2 – 60 C, sehingga darah bisa disimpan selama     + 30 hari dan agar darah tetap dapat digunakan sesuai fungsinya.

Unit transfusi darah rumah sakit menyelenggarakan pelayanan transfusi darah yang berorientasi pada pasien untuk keperluan pengobatan. Melalui pemberian produk darah yang aman dan terbebas dari infeksi menular lewat darah dan menghindari terjadinya reaksi transfusi setelah pasien ditransfusi guna terlaksananya pelayanan transfusi yang berkualitas (aman, tepat waktu dan efisien) sebagai pendukung pelayanan prima di rumah sakit. Pemeriksaan cross maching dan juga Penyadapan darah.

  • Instalasi Radiologi

Seperti halnya Laboratorium, Radiologi juga merupakan salah satu faktor penunjang penegak diagnosis. Instalasi ini didukung dengan peralatan yang canggih sehingga dapat memberikan pelayanan foto roentgen. Pelayanan yang diberikan yaitu :

  1. Pemeriksaan rontgen Cranium AP/Lateral
  2. Pemeriksaan rontgen Thorax AP/PA
  3. Pemeriksaan rontgen BNO
  4. Pemeriksaan BNO 3 posisi
  5. Pemeriksaan Ekstrimitas atas dan Ekstrimitas bawah
  • Instalasi Farmasi

Instalasi Farmasi RSUD OKU Timur merupakan suatu Unit di Rumah Sakit yang berperan sebagai penunjang pelayanan kesehatan dalam melaksanakan fungsi pengobatan di Rumah Sakit. Tugas istalasi farmasi yaitu melakukan kegiatan menyediakan, peracikan, pendistribusian, pengelolaan, penyimpanan obat – obatan dan alat kesehatan serta memberikan informasi tentang obat. Instalasi Farmasi memberikan pelayanan kepada pasien mengenai penggunaan obat yang rasional.

Semua obat-obatan disediakan dari Rumah Sakit. Instalasi Farmasi yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah OKU Timur bekerjasama dengan Apotik Sinar Medika buka selama 24 jam. Melayani resep obat generik maupun obat non generik bagi pasien umum, pihak ke-3, askeskin maupun karyawan rumah sakit.

  • Instalasi Gizi

Instalasi gizi memberikan pelayanan makanan bagi pasien rawat inap. Pelayanan yang diberikan  yaitu         berupa :

  1. Konsultasi Gizi
  2. Penyelenggaraan makanan pasien
  3. Pembelian Bahan Makanan
  4. Persiapan bahan makanan
  5. Pengolahan bahan makanan
  6. Pendistribusian makanan
  • Laundry

Pelayanan unit londry dari pengambilan linen kotor di Sebagai menunjang pelayanan bangsal / ruang perawatan dalam penyediaan linen bersih siap pakai.

  • Instalasi Pemulasaraan Jenazah

Pemulasaran jenazah adalah suatu tindakan pelayanan perawatan jenazah mulai dari memandikan sampai dengan jenazah tersebut siap untuk dibawa pulang ke rumah duka dan atau jenazah tersebut langsung menuju ketempat pemakaman ataupun crematorium untuk dikremasi, tanpa ke rumah duka terlebih dahulu

  • Pelayanan Ambulance/Mobil Jenazah

Pelayanan Ambulance / Mobil Jenazah adalah bertugas sebagai penggantar pasien sesuai tujuan dan rujukan maupun menggantar jenazah yang diperintah oleh dokter

  • IPSRS (Instalasi Sarana dan Prasarana Rumah Sakit)

Instalasi Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Rumah Sakit (IPSRS) adalah suatu fungsional untuk melaksanakan kegiatan teknis instalasi, pemeliharaan dan perbaikan, agar fasilitas yang menunjang pelayanan kesehatan di rumah sakit yaitu sarana, prasarana dan perlatan alat kesehatan Rumah Sakit selalu berada dalam keadaan layak pakai guna menunjang pelayanan kesehatan yang paripurna dan prima.

  • IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) adalah mencegah penyebaran infeksi melalui permukaan lingkungan dan melindugi petugas pasien. Uraian Tugas yaitu :

  1. Memastikan aliran air mengalir dengan baik menuju IPAL
  2. Memastikan bak equalisasi sedimentasi terisi air limbah dan mengalir ke bak penampungan kedua dan mampu untuk mengoprasikan mesin pompa air
  3. Membuka box panel dan menghidupkan MCB
  4. Membiarkan proses berjalan normal selama 24 Jam
  5. Pengecekan secara berkala kondisi mesin, biofilter dan desinfeksi